Samsat Jawa Barat Layani Bayar Pajak Secara Online

Samsat Jawa Barat merupakan salah satu fasilitas umum yang sering dikunjungi oleh masyarakat Provinsi Jabar untuk berbagai macam keperluan. Fasilitas ini melayani berbagai macam proses yang berhubungan dengan pembayaran pajak kendaraan bermotor maupun hal-hal lain terkait dengan hal tersebut.

Di masa pandemic seperti sekarang, kebanyakan fasilitas umum menyediakan layanan secara tidak tatap muka alias online untuk melakukan berbagai macam layanan. Ini termasuk layanan diberikan kepada Samsat di Provinsi Jabar tersebut. Masyarakat dapat melakukan pembayaran STNK dengan prosedur online dan pembayaran dilakukan secara transfer.

Layanan STNK Online di Samsat Jawa Barat

Warga masyarakat Provisi Jabar dapat pembayaran pajak prosedur online di era sekarang. Ini akan mempermudahmu karena tidak perlu langsung mendatangi kantor. Ada aplikasi khusus dan memang diperuntukkan untuk membayar pajak kendaraan bermotor dalam masa tahunannya.

Metode tersebut sangat bermanfaat bagi semua warga di Provinsi Jabar karena fitur pada aplikasi memang ditawarkan secara lengkap. Samsat di Jawa Barat bertujuan untuk menghindari kerumunan dan mencegah penyebaran virus Corona yang sedang merajalela. Pembayaran online oleh Samsat Jawa Barat dapat dilakukan dengan prosedur mudah seperti :

  1. Meminta kode bayar

Pertama, lakukan sms hingga kamu mendapatkan kode bayar. Kamu bisa melakukan dengan dua cara. Pertama, kamu bisa mendapatkannya melalui Gateway Samsat melalui sms. Kedua, kamu bisa mengakses Sambara. Aplikasi ini bisa didownload dengan mudah di smartphonemu.

  1. Lakukan pembayaran

Langkah berikutnya dalam pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor adalah dengan melangsungkan proses transfer. Kamu harus bayar dengan segera karena ini berlaku sampai 24 jam setelah kamu melakukan langkah pertama.

  1. Lakukan pengesahan

Melakukan pembayaran secara online memang tidak membuatmu harus ke Samsat. Namun tetap saja, setelah proses pembayaran selesai, maka penukaran STNK baru dan pengesahan tetap harus dilakukan di Samsat. Batas maksimal yang telah ditentukan oleh pihak Samsat adalah 30 hari setelah kamu melakukan pembayaran.

Semua bisa dilakukan dengan mudah dan cepat tanpa harus ke kantor Samsat. Hanya dengan menggunakan aplikasi yang ada di smarthphone semua dapat dilakukan dengan mudah. Untuk melakukan pengesahan pada Samsat setelah bayar pajak, jangan lupa bawa KTP asli dan STNK asli.

Aplikasi E – Samsat Jabar untuk Melakukan Pembayaran

Samsat Jawa Barat dalam hal ini memang memberikan pelayanan luar biasa kepada seluruh warga masyarakat Jabar. Mereka memberikan layanan pembayaran pajak dan pengesahan dengan cara mudah. Aplikasi yang digunakan dalam melakukan pembayaran tersebut diberi nama dengan E-Samsat.

Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan aplikasi tersebut. Beberapa hal yang akan didapatkan jika warga masyarakat Provinsi Jabar menggunakan E-samsat Jabar adalah:

  1. Menghindari percaloan

Benar sekali, di jaman yang sudah serba maju seperti sekarang, kasus percaloan memang terjadi dimana-mana. Hal tersebut lantas juga bisa terjadi di kantor Samsat. Bisa saja kamu malah bertemu calo sebelum sampai di sana. Padahal, membayar dengan calo akan mengeluarkan dana yang lebih banyak daripada langsung bayar di Samsat Jawa Barat.

  1. Bayar Via ATM

Bayar dengan pakai ATM merupakan salah satu cara paling modern dan mudah. Ini bisa dilakukan oleh siapapun. Memang, ATM sudah tersebar luas hingga ke pelosok desa. Kamu bisa melakukan pembayaran via ATM jika bayar samsat menggunakan aplikasi online.

  1. Korupsi Penerimaan Pajak dapat dihindari

Tidak akan pernah ada yang tahu bahwa korupsi dapat dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk oleh pihak Samsat. Ketika melakukan pembayaran dengan prosedur online, maka sama saja kamu ikut turut dalam menghilangkan terjadinya korupsi dalam penerimaan pajak kendaraan bermotor untuk Negara.

  1. Bayar pajak bisa dilakukan tepat waktu

Ada banyak alasan mengapa orang-orang membayar pajak dalam waktu terlambat. Contohnya saja karena belum sempat pulang ke kampung halaman untuk bayar pajak maupun karena antri. Namun dengan gunakan aplikasi dari Samsat, pembayaran secara tepat waktu bisa dilakukan.

Syarat Pembayaran Pajak Online Samsat Jawa Barat

Dalam melakukan pembayaran di Samsat secara online, pihak terkait menentukan berbagai macam kebijakan yang harus dipatuhi. Jika kebijakan tersebut tidak dipenuhi, maka kamu tidak akan bisa melangsungkan pembayaran secara online. Beberapa hal penting untuk kamu lakukan dan persiapkan adalah di bawah ini.

  1. Kendaraan sah

Yang dimaksud oleh pihak Samsat Jawa Barat disini adalah kendaraan ada dalam status sah dan bukan dalam status blokir. Jika kendaraan dalam status blokir kepemilikan, maka pembayaran pajak secara online tidak dapat dilakukan.

  1. Berlaku untuk bayar pajak tahunan

Pembayaran pajak menggunakan aplikasi online dalam hal ini hanya berlaku untuk pembayaran tahunan saja. Namun untuk pembayaran 5 tahunan atau ketika akan ganti plat kendaraan, kamu harus datang langsung ke kantor Samsat.

  1. Memiliki Rekening tabungan

Karena dalam hal ini pembayaran dilakukan dengan menggunakan ATM, maka wajib pajak tentu saja harus memiliki nomor rekening maupun ATM.

  1. Perseorangan

Pembayaran dalam hal ini hanya bisa dilakukan oleh wajib pajak perorangan dan bukan lembaga maupun badan social.

  1. Memiliki nomor telepon aktif

Dalam melakukan pembayaran menggunakan prosedur online di Samsat Jawa Barat, telah dijelaskan di atas bahwa kamu harus mendapatkan kode bayar. Jadi, wajib pajak harus memiliki nomor telepon aktif untuk mendapatkan kode bayar tersebut.

Pelayanan yang Bisa Dilakukan Samsat di Jawa Barat

Seperti halnya dengan samsat di berbagai provinsi tanah air, maka Samsat Jabar juga memberikan berbagai macam pelayanan umum yang bisa kamu dapatkan. Semua pelayanan akan dilakukan dengan sebaik mungkin oleh pihak-pihak yang terkait di dalamnya. Secara umum, berikut pelayanan yang akan kamu bisa lakukan melalui kantor ini.

  1. Pelayanan Kendaraan bermotor

Dalam hal ini, Samsat di Jabar memang memiliki fungsi untuk pelayanan Dispenda. Orang-orang dapat melakukan bea balik nama maupun melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor di kantor tersebut.

  1. Fungsi kepolisian

Yang dimaksud dengan fungsi kepolisian disini adalah melakukan fungsi dalam melakukan identifikasi kendaraan bermotor curian. Samsat dapat melakukan identifikasi ranmor, registrasi ranmor baru, hingga penghapusan nomor ranmor dan lain-lain.

  1. Mengelola sumbangan kecelakaan lalu lintas

Bekerjasama dengan PT Jasa Raharja, maka kantor di setiap wilayah provinsi bisa menerima sumbangan wajib untuk dana kecelakaan lalu lintas jalan serta dana pertanggungan wajib atas kecelakaan penumpang.

Berbagai macam pelayanan yang dilakukan oleh tim kantor memang akan membuat masyarakat menjadi lebih mudah dalam melakukan aktifitasnya. Seluruh anggota Samsat akan bekerjasama dengan Bank dalam melakukan pekerjaannya tersebut.

Berbagai pilihan yang diberikan seharusnya memang digunakan dengan sebijak mungkin. Semua orang dapat melakukan kegiatannya dengan lebih mudah sehingga aktifitas bisa berjalan dengan lancar. Dalam hal ini, Samsat Jawa Barat memberikan pelayanan sesuai dengan bidangnya masing-masing untuk mempermudah pekerjaannya.