Membaca Peta Jawa Barat, Ini Kota-Kota Besar Layak Dikunjungi

Saat melihat peta Jawa Barat dan memperhatikannya, kamu akan menjumpai 27 kabupaten serta kota yang tersebar di wilayah seluas lebih dari 35 ribu kilometer persegi. Diantara kota-kota tersebut tentunya kamu mengenal beberapa nama. Misalnya Bandung, Bogor, Depok, hingga Bekasi. Beragam wilayah di provinsi Jabar memiliki daya tarik bagi para wisatawan.

Saking banyaknya destinasi keren untuk dikunjungi, kamu tentunya tidak bisa menjelajahi kawasan provinsi ini dalam waktu sekejap. Maka dari itu tidak ada salahnya memilah atau mengawali dari daftar kota-kota besarnya terlebih dahulu. Oleh sebab itu kami akan membahas tentang kota-kota besar Jawa Barat yang perlu dipertimbangkan.

Sebelum mengulas lebih dalam, ada baiknya mengetahui situasi geografis provinsi tanah Pasundan tersebut. Jika dilihat dari gambarnya, peta Jawa Barat berbatasan dengan wilayah Jateng, DKI Jakarta, dan Banten. Sedangkan bagian selatan dan utara berbatasan langsung dengan perairan berupa Laut Jawa serta Samudra Hindia.

Bandung dengan Julukan Parijs van Java

Semua penduduk Indonesia atau paling tidak di Pulau Jawa pasti sudah mengenal Bandung meskipun belum pernah menjejakkan kaki di tanahnya. Kota yang memiliki julukan Kota Kembang ini adalah ibukota serta pusat pemerintahan provinsi Jabar. Selain itu Kota Kembang juga terkenal memiliki hawa sejuk karena Bandung berada di dataran tinggi.

Berdasarkan gambar yang tertera di peta Jawa Barat, lokasi Bandung berada di tengah-tengah. Maka tidak heran jika lokasinya dijadikan pusat pemerintahan. Bandung mendapat julukan Parijs van Java oleh orang-orang Belanda di era kolonialisme sebelum masa Indonesia merdeka. Ini dikarenakan saat itu orang-orang dengan taste mode ala Paris banyak terlihat disini.

Berlibur ke Bandung adalah hal wajib dan setidaknya pernah kamu lakukan sekali seumur hidup. Bagaimana tidak, banyaknya atraksi wisata mulai dari alam, wahana bermain tematik, hingga wisata belanja lengkap tersedia disini. Belum lagi jika bicara tentang kelezatan kulinernya yang seolah tidak pernah ada habisnya.

Sebagai kota besar dan ibukota provinsi, Bandung memang memiliki daya tarik begitu luas. Bagi wisatawan, Bandung memiliki sejuta pesona di setiap sudutnya. Sejarah panjang sejak masa sebelum kemerdekaan membuat kota ini sangat kaya akan tempat-tempat historical seperti Jalan Braga dan gedung-gedung bersejarah disana.

Bogor, Kota Hujan yang Penuh Pesona

Kota Bogor juga memiliki sisi sejarah yang tidak kalah penting mengingat disini terdapat istana Kepresidenan. Di masa Presiden Joko Widodo, istana Bogor menjadi tempat tinggal favorit karena memiliki suasana serta lingkungan sangat nyaman. Dalam peta Jawa Barat, Kota Bogor ada di bagian barat.

Daerah yang memiliki sebutan Kota Hujan ini juga memiliki suhu sejuk, maka banyak disukai wisatawan. Apalagi dengan adanya objek wisata Puncak yang sering dibanjiri pengunjung dari berbagai wilayah khususnya warga ibukota. Salah satu daya tarik Bogor paling populer adalah keberadaan Kebun Raya yang ada di area Istana Kepresidenan.

Ribuan jenis tanaman yang indah dapat kamu saksikan saat berada disini, salah satunya bunga fenomenal dan legendaris yakni Rafflesia Arnoldi. Selain itu terdapat juga berbagai satwa seperti rusa dan lain-lain. Jangan lupa juga menikmati sajian khas Kota Hujan. Misalnya asinan bogor yang sangat terkenal dan bercita rasa segar.

Sumedang yang Merupakan Wilayah kekuasaan Kerajaan Galuh

Mendengar kata Sumedang mungkin yang terbayang di benak kebanyakan orang adalah tahu sumedang. Makanan ini memang begitu terkenal dan tersebar hingga ke berbagai daerah luar Jawa Barat. Berdasarkan peta Jawa Barat, Sumedang berada di bagian tengah, tidak begitu jauh dari Kota Bandung.

Menurut catatan sejarah, awalnya Sumedang merupakan bagian dari wilayah kekuasaan Kerajaan Galuh. Namun pada abad ke-12 nama kerajaan tersebut diubah menjadi Kerajaan Sumedang Larang. Sumedang juga memiliki objek pariwisata yang menyajikan keindahan alam. Misalnya mata air Cikandang dengan kejernihan dan kesegaran airnya.

Kalau kamu menyukai wisata air, jangan lewatkan juga mengunjungi curug Cinulang yang berdiri gagah. Kalau di Bogor terdapat Kebun Raya, Sumedang punya Tahura alias Taman Hutan Raya Gunung Kunci. Pepohonan rimbun dan hijau membuat pikiran merasa tenang di tengah kesejukan udara. Saat pulang ke kota asal, jangan lupa membeli oleh-oleh.

Depok Berada di Bagian Barat

Depok berada di bagian barat peta Jawa Barat dan berdekatan dengan DKI Jakarta. Maka tidak mengherankan apabila kebanyakan warga Depok lebih akrab dengan ibukota dibanding daerah lain yang seprovinsi karena memang letaknya lebih dekat. Kota ini terkenal memiliki sejumlah institusi perguruan tinggi terbesar dan terpopuler di Indonesia.

Sebut saja Universitas Indonesia atau UI, setiap tahun pasti terdapat ribuan bahkan puluhan ribu pelajar yang berlomba-lomba untuk dapat mengenyam pendidikan di universitas berlogo warna kuning tersebut. Selain itu juga terdapat beberapa universitas terkenal lainnya seperti Gunadarma dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Berdasarkan peta Jawa Barat, letak Depok yang berdekatan dengan ibukota menjadikan kota ini lebih banyak diisi objek wisata buatan. Misalnya water park atau taman. Salah satu tujuan yang sering menjadi incaran orang saat berkunjung ke Depok adalah mendatangi Masjid Kubah Mas. Masjid ini memang memiliki keindahan luar biasa sehingga memikat hati.

Selain wisatanya, Depok juga terkenal memiliki sajian kuliner yang siap memanjakan lidah para penikmatnya. Kalau berkunjung ke Depok kurang afdhol apabila tidak membawa oleh-oleh dodol. Ini merupakan salah satu oleh-oleh khas dan memiliki berbagai varian rasa. Diantara yang paling terkenal dan disukai antara lain rasa belimbing dan jambu.

Garut yang Berbatasan dengan Wilayah Bandung

Di peta Jawa Barat bagian selatan terdapat Kabupaten Garut yang juga berbatasan dengan wilayah Bandung, Tasikmalaya, Sumedang, Majalengka, serta Cianjur. Selain itu, Garut juga berbatasan dengan perairan terbuka di bagian selatan, yakni Samudra Hindia. Garut juga memiliki pesona luar biasa sehingga sering dijadikan tujuan liburan.

Disini terdapat beraneka macam objek pariwisata, mulai dari daerah perbukitan yang sejuk hingga semilir angin pantai. Kalau ingin menikmati cuaca sejuk khas dataran tinggi, kamu bisa plesir ke Leuweung Oko D’Great. Disini pengunjung akan disuguhi pemandangan rimbunnya pepohonan hijau dari ketinggian.

Kalau ingin pengalaman liburan lebih menantang, kamu bisa melakukan pendakian ke Gunung Guntur. Di peta Jawa Barat bisa diamati bahwa Garut juga memiliki wilayah dataran tinggi berupa gunung serta perbukitan. Sehingga ada juga objek wisata pemandian air panas seperti kolam Cikarees.

Sementara di bagian lain, Garut juga berupa dataran rendah dan berbatasan dengan laut. Sehingga kamu juga bisa menemukan wisata pantai dengan pemandangan eksotis. Karena perairannya menghadap langsung ke Samudra Hindia, maka ombaknya cukup besar. Beberapa pantai cantik di Garut misalnya Cicalobak, Karang Paranje, Cijeruk, dan lainnya.

Jawa Barat selalu memiliki daya tarik baik itu dari segi keindahan alam, keramahan penduduk, hingga kelezatan kulinernya. Tidak mengejutkan jika sering dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Kamu bisa mengakses berbagai lokasi wisata di tanah Pasundan ini tanpa kesulitan karena terdapat peta Jawa Barat di platform online.