Mengenal Terobosan Pemerintah Provinsi Jawa Barat Lewat Platform Digital

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memfasilitasi warganya agar dapat mengakses segala update dengan mudah, yakni dengan mengandalkan teknologi internet. Perkembangan era ke arah digital memang sudah sepatutnya menjadi pertimbangan penting bagi seluruh lapisan masyarakat dalam menjalankan berbagai aktivitas. Pemerintah juga tidak luput dari pihak yang wajib ambil bagian.

Perkembangan dunia teknologi dan informasi yang kian pesat harus dimanfaatkan sebagai mungkin secara positif agar memberikan manfaat kepada publik. Salah satunya dengan membuat situs atau website resmi agar warga dapat mengakses berbagai layanan serta hasil kerja pemerintah dengan sebaik mungkin.

Melalui website resminya yakni beralamat di jabarprov.go.id, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menghadirkan beragam informasi, berita terbaru, serta layanan secara online bagi semua penduduknya. Kalau kamu adalah masyarakat Jabar, kamu bisa memanfaatkan laman website tersebut agar tidak ketinggalan berita Jabar terkini maupun fasilitas online lainnya.

Menyajikan Berita Terkini di Website Resmi

Saat masuk ke beranda halaman website, kamu akan menemukan banyak berita yang dimuat di platform digital tersebut. Tidak perlu ragu, berita yang dimuat pada website tersebut tentunya bukan lah kabar bohong dan dapat dipertanggung jawabkan. Ini menjadi salah satu cara aman agar terhindar dari pemberitaan palsu alias hoaks.

Fenomena negatif saat platform digital semakin besar adalah banyaknya berita hoaks tersebar secara membabi buta. Maka, sangat beralasan jika pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat merilis berita terbaru agar keaslian beritanya lebih terjaga. Pada halaman beranda tersebut kamu bisa menemukan berita utama dengan slide gambar di bagian atas.

Berita-berita yang ditampilkan pada halaman beranda tersebut terbagi menjadi 3 bagian. Yakni berita terkait OPD (Organisasai Perangkat Daerah), kabar khusus dari daerah Jawa Barat, dan juga berita umum nasional. Pembagian segmen berita tersebut dapat memudahkan pengunjung website ketika ingin mengetahui berbagai informasi sesuai keinginannya.

JUARA, Podcast Pemprov di Spotify

Seolah tidak mau ketinggalan tren yang sedang naik daun, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga memiliki akun atau channel podcast sendiri. Podcast tersebut sudah tersedia di Spotify dan dapat kamu akses kapan saja serta dimana saja. Seperti kita ketahui, Spotify adalah salah satu platform terbanyak yang digunakan oleh kaum milenial.

Podcast ini diberi nama JUARA yang merupakan singkatan dari Jabarprov Bersuara. Di podcast tersebut, tersaji beragam informasi menarik yang dikemasi secara apik dalam bentuk dialog interaktif. Informasi di podcast JUARA ini berisi tips-tips bermanfaat, highlight Jabar, hingga sosialisasi program pemerintah provinsi.

Salah satu konten yang tidak kalah menarik adalah dialog dengan tokoh-tokoh inspiratif. Mereka adalah putra-putri Jabar berprestasi dan mampu memberikan sumbangsih positif terhadap lingkungannya dalam bentuk apa saja. Melalui konten ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat menyebarkan semangat positif kepada para warga khususnya kaum milenial.

Seperti kita tahu, Spotify adalah platform digital berbasis audio yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat khususnya warga usia produktif dan melek teknologi. Dengan cara ini, informasi dapat tersalurkan dengan mudah, cepat, namun tetap dengan gaya tidak membosankan. Ini sangat sesuai dengan spirit di era digital seperti saat ini.

Aduankonten, Tempat Rakyat Aktif Berpartisipasi

Masih berkaitan dengan fenomena penyalahgunaan media digital untuk hal-hal negatif yang banyak terjadi di tengah masyarakat. Oleh karena itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat menghadirkan salah satu pojok di halaman websitenya. Pojok ini diberi nama Aduankonten. Sesuai dengan namanya, pojok ini adalah fasilitas bagi masyarakat yang ingin mengadukan konten digital negatif.

Konten bermuatan hal-hal negatif tentunya bisa merugikan banyak orang bahkan menimbulkan dampak buruk secara luas. Oleh karena itu Pemprov menyediakan tempat khusus dimana warganya dapat mengadukan link (tautan), halaman website, akun sosial media, atau bahkan dokumen dalam bentuk file digital.

Selain itu, aplikasi yang mengandung unsur-unsur negatif juga bisa diadukan melalui layanan ini. Jika kamu merasa sebuah aplikasi game mobile mengandung unsur kekerasan yang dapat memberikan pengaruh buruk misalnya, maka Aduankonten ini bisa dimanfaatkan. Caranya cukup masuk ke website lalu cari fitur Aduankonten lalau mendaftarkan diri.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyediakan fitur ini sehingga siapa saja dapat secara katif berpartisipasi dalam kegiatan kontrol sosial. Dengan adanya fitur Aduankonten, masyarakat yang merasa resah bisa menyalurkannya ke tempat tepat dan kemudian ditindaklanjuti oleh bidang sesuai kewenangannya. Ini adalah bentuk kerjasama antara pemerintah dan masyarakat agar menciptakan kenyamanan bersama.

Jabarprov TV, Channel YouTube Bermanfaat

YouTube menjadi platform digital berbasis video paling populer di dunia. Ini membuat Pemprov Jabar menganggap penting untuk terjun ke media YouTube. Hal tersebut juga mengingat pengguna YouTube di Indonesia semakin melejit jumlahnya. Maka tidak mengejutkan jika pemerintah hadir secara digital dalam platform video tersebut.

Channel YouTube milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat tersebut diberi nama Jabarprov TV. Di channel tersebut terdapat berbagai konten menarik seputar Jawa Barat yang dikemas dalam video berdurasi pendek sehingga mudah diikuti oleh banyak orang. Sajian video-video tersebut tidak hanya bersifat menghibur tetapi yang terpenting adalah unsur edukasinya.

Ada beberapa jenis konten di channel Jabarprov TV, salah satunya adalah kuliner. Segmen kuliner menampilkan berbagai macam kuliner serta industri terkait sektor tersebut. Ada juga segmen yang memuat konten destinasi wisata. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Jawa Barat memiliki daya tarik pariwisata begitu luar biasa.

Maka tidak heran jika Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggarapnya secara serius dan dikemas dalam video YouTube. Konten tentang destinasi wisata juga sebagai upaya untuk memperkenalkan berbagai destinasi liburan untuk masyarakat baik penduduk Jabar maupun provinsi lain. Ada juga konten tentang keagamaan saat memasuki momen bulan Ramadhan.

Informasi Tentang Harga Pangan Terkini

Di halaman situs jabarprov.go.id juga terdapat salah satu fitur atau pojok portal informasi harga pangan atau disingkat PRIANGAN. Kebutuhan bahan-bahan pokok sudah pasti tidak terhindarkan setiap harinya. Sehingga dengan adanya pojok PRIANGAN ini masyarakat bisa memantau berbagai harga barang-barang pokok secara harian.

Keberadaan portal PRIANGAN adalah bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada seluruh lapisan masyarakat agar dapat memantau harga bahan pokok di pasaran. Misalnya harga daging sapi, cabe merah, bawang merah, tepung, daging ayam, telur, minyak goreng, serta masing banyak lagi.

Bahkan pemprov juga menyediakan fitur khusus bagi masyarakat untuk membeli kebutuhan bahan-bahan pokok dengan harga grosir alias lebih terjangkau. Menariknya lagi, cara belanja ini bisa dilakukan secara online. Ini menjadi contoh dan menunjukkan bahwa seharusnya pemerintah juga turut mengikuti zaman dengan menghadirkan berbagai terobosan modern.

Berbagai terobosan modern tersebut tentunya bertujuan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat luas. Dengan adanya portal website khusus, siapa saja dapat mengaksesnya kapan saja dan dimana saja. Kini milenial juga bisa turut mengikuti perkembangan program Pemerintah Provinsi Jawa Barat sekaligus berpartisipasi aktif.