Jumat, 25 April 2014
Loading
Home   »   Pesona Indonesia   »   Kuliner

Es Dung Dung Yang Menyegarkan dan Yang Terlupakan

2012-09-27
Es Dung Dung Yang Menyegarkan dan Yang Terlupakan
WisatanewsCom – Mendengar es dung-dung, langsung terngiang abang-abang yang menyorong gerobak sembari membunyikan gong kecil dari kuningan. Suaranya dung..dung..dung. Penanda bahwa penjual es ada di dekat kita. Kini suara tersebut mulai jarang terdengar, begitu pula esnya.
 
Es dung dung pernah berjaya di tahun 70an hingga 90 an, namun sayangnya sekarang ini semakin menghilang karena tergerus dengan jenis Es krim pabrikan dan import, padahal Es dung dung dengan teksturnya yang kasar sangat segar bila dicampur buah atau di kolaborasikan dengan rujak buah.
 
Bagi Anda yang kangen cita rasa Es Dung Dung yang merupakan es krim asli nusantara ini, berikut ini resep cara membuatnya.
 
Bahan dasar:
  • Santan (usahakan memeras kelapa dengan air yang matang, agar samanya lebih kental dan bisa langsung digunakan) Gula pasir Tepung hun kwee Tepung sagu Tepung kanji Garam halus (sedikit saja) Air matang
  • Es batu dan garam kasar (untuk mem bekukan)
  • Perbandingan santan dengan gula pasir adalah 2/1 (2 butir kelap, 1 kg gula pasir)
  • Perbandingan tepung hunk kwee tepung sagu tepung kanji adalah 3/1/2 (3 bungkus hunk kwee, 1 bungkus tepung sagu, dan 2 bungkus tepung kanji)
Proses pembuatan:
  1. Campur ketiga tepung dalam satu wadah
  2. Masak air, tambahkan sedikit demi sedikit tepungnya. sambil diaduk terus menerus.
  3. Masak hingga adonan tepung mengental hingga menyerupai bubur.
  4. Ambil ember berukuran besar. Masukkan santan. sedikit garam halus, gula dan adonan. Aduk dengan kecepatan tinggi, kira-kira selama 3 menit tanpa henti.
  5. Adonan akan menjadi lebih cair, dan berwarna putih karena santan. Jika kita ingin menambahkan rasa ataupun potongan buah, tambahkan pada proses ini.
  6. Setelah itu, masukkan adonan ke dalam termos besi yang telah dipersiapkan secara khusus untuk membuat es dungdung.
  7. Di luar termos. diberi es batu, juga garam kasar. Tutup termos, kemudian putar putar termos berulang kali.
  8. Ketika sudah lebih dari dua puluh kali putaran dengan kecepatan tinggi tersebut, tambahkan garam lagi di luar termos. putar terus, dan diamkan hingga beberapa jam ke depan.
  9. Setelah beku, ambil sedikit demi sedikit menggunakan scoop es krim, atau menggunakan pinggiran sendok, sedikit demi sedikit.
Es dung dung bisa dinikmati dengan cone, roti tawar, atau ditambahkan pelengkap lainnya, misalnya kacang, atau buah.
Es dung-dung yang juga dikenal sebagai es puter dan dapat disajikan dengan cone, roti tawar ataupun dalam gelas kaca. Saatnya kepopuleran es krim tradisional ini harus bisa dinaikkan lagi. (Wisatanews lets cook)