Rabu, 16 April 2014
Loading
Home   »   Seni dan Budaya

Kompangan, Seni Tradisional Jambi

2012-09-13
Kompangan, Seni Tradisional Jambi
Jambi, WisatanewsCom – Sebagaimana daerah lain di Indonesia, Jambi memiliki kesenian khas yang memperkaya khasanah budaya bangsa kita. Salah satu kesenian tradisional Jambi yang masih tetap dilestarikan hingga kini adalah Kompangan.
 
Kompangan adalah kesenian tradisional Jambi yang mempergunakan alat musik rebana untuk mengiringi bacaan Sholawat Nabi.
 
Ada beberapa jenis ukuran rebana yang digunakan dalam Kompangan, mulai dari ukuran kecil, sedang hingga ukuran besar. Dalam perkembangannya ditambahkan instrumen drum ukuran besar.
 
Biasanya Kompangan ditampilkan dalam Maulid Nabi Muhammad, khataman Al Qur’an dan acara religi lainnya. Namun dalam perkembangannya Kompangan sering juga ditampilkan dalam pesta pernikahan, penyambutan tamu kehormatan, peresmian gedung-gedung dan sebagainya.
 
Seni tradisional ini hampir sama nasibnya dengan beberapa kesenian tradisional lain yang ada di Indonesia, Kompangan juga menghadapi saat-saat dilematis ketika harus bersaing dengan kesenian lain yang lebih modern.
 
Di Jambi keberadaan Kompangan harus bersaing dengan organ tunggal yang juga diterima keberadaannya ditengah masyarakat.
 
Oleh sebab itu, apresiasi tinggi harus diberikan pada generasi muda yang berupaya melestarikan kesenian Kompangan dengan belajar memainkan kesenian ini. (Suparyakir)