Rabu, 23 April 2014
Loading
Home   »   Berita   »   Liputan

Penutupan Sementara Untuk Pendakian di Gunung Gede Pangrango

2012-07-20
Penutupan Sementara Untuk Pendakian di Gunung Gede Pangrango
Sukabumi, WisatanewsCom – Bagi Anda yang punya rencana untuk melakukan pendakian ke Gunung gede Pangrango di bulan Agustus 2012, mungkin harus mengurungkan niat atau mengudurkan rencana waktunya di bulan September.
 
Karena pada tanggal 1-31 Agustus 2012, pihak Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) akan menutup sementara jalur kegiatan pendakian.
 
Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Balai Besar TNGGP Agus Wahyudi, yang menyatakan bahwa penutupan pendakian untuk umum ini dalam rangka pemulihan ekosistem dan pencegahan kebakaran hutan.
 
Dijelaskan Agus, bahwa penutupan TNGGP ini dikhususkan hanya untuk kegiatan pendakian, sedangkan untuk wisata lainnya seperti menikmati air terjun Cibeureum – Cibodas, Curug Cibeureum – Selabintana, Situ Gunung di Sukabumi dan obyek wisata lainnya di kawasan TNGGP tetap di buka seperti biasanya.
 
“Dalam rangka penutupan sementara untuk kegiatan pendakian, kami melakukan sosialisasi mengenai penutupan ini dengan memasang himbauan di tiga titik jalur pendakian, antara lain Pintu Cibodas, Pintu Gunung Putri dan Pintu Selabintana,” ujar Agus.
 
“Salah satu tujuan penutupan sementara untuk pendakian ini adalah memberikan kesempatan bagi ekosistem flora dan fauna yang berada disepanjang jalur pendakian untuk memulihkan kondisi dan mengembangkan diri,” tambahnya.
 
Selain itu, adanya peringatan dari pihak BMKG yang memperkirakan rendahnya curah hujan pada bulan Agustus yang berakibat pada rawannya kebakaran hutan.
 
Dengan adanya penutupan sementara ini, pihaknya berharap dapat dipatuhi oleh semua para pengunjung agar tidak terjadi hal-hal yang dapat menyebabkan kerawanan di TNGGP, khususnya di sepanjang jalur pendakian. (Punk)